Penjelasan 3 Jenis Asuransi Mobil: All Risk, TLO & Comprehensive

Penjelasan 3 Jenis Asuransi Mobil: All Risk, TLO & Comprehensive

Ada tiga jenis asuransi mobil yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum membeli asuransi untuk mobil. Ketiga jenis asuransi itu adalah All Risk, TLO, dan Comprehensive. Perbedaannya terletak pada cakupan dan penjaminannya. Ketika asuransi yang satu memiliki cakupan perlindungan asuransi yang lebih luas dan lengkap, jenis asuransi lainnya memiliki cakupan jaminan perlindungan yang lebih kecil. Meskipun demikian, tentunya ketiga jenis asuransi ini memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan perlindungan asuransi. Semuanya kemudian tergantung dengan nasabah, mengenai mana jenis asuransi yang paling cocok untuk digunakan atau yang paling pas perlindungannya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ketiga jenis asuransi untuk mobil itu:

 

1. Asuransi mobil All Risk
Sesuai dengan namanya, asuransi mobil All Risk adalah asuransi yang memberikan pertanggungan untuk ‘segala resiko’. Asuransi ini adalah asuransi yang bisa Anda andalkan untuk menanggulangi segala resiko yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi pada mobil Anda, dari resiko yang terkecil seperti baret pada mobil hingga resiko yang terbesar seperti kerusakan total pada mobil atau juga kehilangan.

 

2. Asuransi mobil TLO
TLO merupakan singkatan dari Total Loss Only yang berarti bahwa asuransi ini hanya memberikan pertanggungan untuk sejenis resiko yang ‘total’ saja pada mobil yang diasuransikan. Asuransi dengan jenis penjaminan TLO ini tidak memberikan pertanggungan seperti asuransi All Risk yang bisa menanggung biaya perbaikan mobil di bengkel jika terjadi kerusakan pada mobil—jika tingkat kerusakannya belum mencapai 75 % atau dengan kata lain adalah rusak total. Kerusakan mobil yang total (dalam artian sudah tidak bisa lagi terpakai atau diperbaiki) dan jika mobil itu hilang adalah jenis-jenis resiko yang bisa mendapatkan pertanggungan dari asuransi mobil TLO.

 

3. Asuransi mobil Comprehensive
Asuransi mobil Comprehensive bisa dibilang merupakan asuransi gabungan antara All Risk dan perluasan jaminan asuransi. Ya, meskipun namanya adalah ‘all risk’, tidak semua resiko juga bisa ditanggung sepenuhnya. Ada beberapa resiko seperti resiko banjir atau bencana alam lainnya yang tidak bisa mendapatkan pertanggungan dari All Risk. Di sinilah fungsinya asuransi Comprehensive yang memungkinkan nasabah mendapatkan pertanggungan asuransi pula atas jaminan-jaminan yang sebelumnya tidak tersedia di paket asuransi All Risk yang biasa.

 

Setelah membaca penjelasan di atas, bagaimana menurut Anda jenis asuransi yang palin cocok digunakan? Jika Anda menginginkan asuransi yang paling murah, disarankan di sini jika asuransi TLO adalah pilihan yang paling tepat, namun, jika Anda menginginkan perlindungan yang lebih lengkap, gunakanlah asuransi All Risk, atau bahkan asuransi Comprehensive untuk perlindungan yang lebih lengkap lagi. Bukan hanya dengan jaminan perlindungan yang cocok, harga asuransi yang cocok dengan kantong Anda pun harus menjadi acuan ketika Anda ingin membeli asuransi.